Pesona Gua Donan di Pangandaran - Info Pangandaran Terkini

Pesona Gua Donan di Pangandaran

Kabupaten Pangandaran bukan cuma memiliki wisata pantai yang terkenal, tetapi juga memiliki banyak gua yang menarik dikunjungi. Selain Gua Lanang di Cagar Alam Pananjung Pangandaran, ada juga Gua Donan di Kecamatan Kalipucang.

Meskipun belum begitu dikenal seperti Gua Lanang dan Gua Jepang di Pananjung Pangandaran tetapi Gua Donan telah ditata dan memiliki keunikan yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

Gapura selamat datang di Gua Donan Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran.
Gapura selamat datang di Gua Donan Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran.

Padahal banyak pesona yang dimiliki Gua Donan. Pada masa penjajahan Belanda, Gua Donan merupakan gudang amunisi Tentara Belanda.

Selain itu, di dalam Gua Donan, terdapat lorong dengan ruangan luas yang berisi batu karang mirip binatang purba. Keindahan Gua Donan juga karena dihiasai oleh stalaktit dan stalagmit yang berwarna-warni.

Gua Donan memiliki delapan lubang pintu masuk dan tiga lubang pintu keluar. Konon panjang lorong Gua Donan mencapai 500 meter. Luas areal Gua Donan sekitar 2,5 hektar.

Pada tahun 80-an, Gua Donan merupakan tempat shooting film laga di Pangandaran yang dibintangi artis-artis favorit kala itu, seperti : Barry Prima, Advent Bangun, dan Eva Arnaz. Ketika tidak digunakan shooting film, ruangan aula besar di Gua Donan merukan tempat hiburan bagi masyarakat setempat untuk nonton layar tancap.

Menurut arkeolog yang pernah mengunjungi Gua Donan menduga,  gua ini pernah dihuni manusia gua. Hal itu diperkuat dengan keberadaan beberapa makam kuno yang berada di wilayah Gua Donan. Warga sekitar gua pun pernah menemukan beberapa fosil dan perkakas manusia gua yang sudah tertimbun tanah. Salah satunya adalah yang terdapat di lingkungan batu putih atau karst.

Alamat Gua Donan berada di Desa Tungilis, Kecamatan. Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Lokasi Gua Donan berada tepat di pinggir jalan raya Banjar-Pangandaran yang merupakan jalur wisata di Kabupaten Pangandaran. Koordinat Gua Donan tepatnya berada pada titik S7.615505, E108.727225.

Karena kurang terawat, Gua Donan pernah ditutup pada tahun 2015. Hal ini karena kondisi gua tidak terawat dan ada retakan di bagian atap. Selain itu pada bagian pintu masuk juga terjadi longsor, sehingga apabila belum diperbaiki berpotensi membahayakan pengunjung.

Kondisi pintu masuk Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran.
Kondisi pintu masuk Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran.

Meski tidak seramai zaman dahulu, Gua Donan mulai dikunjungi wisatawan. Dengan ramainya pengunjung, selain dapat merupakan pendapatan daerah, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar Gua Donan.

Itulah pesona Gua Donan di Pangandaran yang berpotensi menjadi obyek wisata andalan jika dikembangkan dengan baik.

Gua Donan bisa dijadikan alternatif wisata susur gua yang menarik di Kabupaten Pangandaran.
Pesona Gua Donan di Pangandaran Pesona Gua Donan di Pangandaran Reviewed by Ghost Ships on 4:03 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.